Apa Sih Pengertian Simplisia itu?

Posted by

Tanaman Obat -  Simplisia sudah tidak asing lagi bagi para pecinta herbal. Namun bagi saya itu sesuatu yang baru saya ketahui istilahnya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sebuah jurnal penelitian berjudul Efektifitas Ekstrak Daun Kelor untuk Tumor. Di dalamnya dijelaskan tentang penggunaan "simplisia" daun kelor. Nah, diantara sobat semua mungkin bertanya-tanya, Apa Sih Simplisia itu? Berikut kami sajikan ulasannya untuk Anda semua..

Pengertian Simplisia

Simplisia mungkin asing ditelingan kita tapi tidak dalam kehidupan kita sehari-hari. Pernahkah Anda melihat dedaunan, pohon, akar maupun buah yang kering dengan sendirinya? Atau Anda sengaja mengambil daun kemudian dikeringkan? Itulah sebenarnya simplisia yang dimaksud atau kita menyebutnya herbal kering.

Secara ilmiah, menurut Departemen Kesehatan RI, Simplisia adalah bahan alami yang digunakan untuk obat dan belum mengalami perubahan proses apa pun, dan kecuali dinyatakan lain umumnya berupa bahan yang telah dikeringkan. Contohnya seperti pada gambar simplisia berikut ini:

Simplisia tanaman herbal
Contoh Simplisia (Sumber : sembakojamu[dot]com)


Jenis - Jenis Simplisia

Ada beberapa jenis simplisia yang bisa didapat di alam yaitu simplisia nabati, simplisia hewani dan simplisia pelikan (mineral). Ketiga jenis simplia ini berbeda antara satu dengan lainnya didasarkan pada bahan baku utamanya. Untuk penjelasan masing - masing jenis simplisia tersebut di atas berikut kami sajikan uraiaanya untuk Anda.

Simplisia Nabati adalah simplisia yang berupa tanaman utuh, bagian tanaman atau eksudat tanaman. Yang dimaksud eksudat tanaman ialah isi sel yang secara spontan keluar dari tanaman atau yang dengan cara tertentu dikeluarkan dari selnya, atau zat-zat nabati lainnya yang dengan cara tertentu dipisahkan dari tanamannya.

Simplisia Hewani ialah simplisia yang berupa hewan utuh, bagian dari hewan atau zat-zat berguna yang dihasilkan oleh hewan dan belum berupa zat kimia murni.

Simplisia Pelikan atau mineral ialah simplisia yang berupa bahan pelikan atau mineral yang belum diolah atau telah diolah dengan cara sederhana dan belum berupa zat kimia murni.

Syarat - Syarat Simplisia yang Baik

Beberapa hal perlu diperhatikan untuk mendapatkan simplisia yang baik. Berikut kami sajikan untuk Anda persyaratan minimal  untuk simplisia. Persyaratan ini bertujuan untuk menjamin keseragaman senyawa aktif, keamanan maupun kegunaannya. Untuk memperoleh simplisia yang baik maka ada beberapa faktor yang berpengaruh, antara lain :
1.    Bahan baku simplisia.
2.    Proses pembuatan simplisia termasuk cara penyimpanan bahan baku simplisia.
3.    Cara pengepakan dan penyimpanan simplisia.

Agar simplisia memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan, maka ketiga faktor tersebut harus memenuhi syarat minimal yang ditetapkan.

Demikianlah artikel kami seputar tips herbal : Apa Sih Pengertian Simplisia itu? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua..


Blog, Updated at: 05.51

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. https://www.jurnalfarmasi.com/2019/04/apa-yang-dimaksud-dengan-simplisia.html

    BalasHapus