Manfaat Buah Pisang untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke

Posted by

Manfaat Buah Pisang untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke

Tips Kesehatan - Tentang manfaat buah pisang tentunya Anda ingin mengetahuinya bukan? Sebelumnya sudah dibahas tentang Manfaaat Buah Pisang untuk Atasi Perut Kembung. Kali ini akan dibahas lagi tentang Manfaat Buah Pisang untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke.


Manfaat Buah Pisang untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke


Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa sih pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan stroke? Anda mungkin sudah tahu bahwa salah satu kandungan nutrisi pada pisang yang banyak dikenal adalah Kalium atau Potassium (K). Makanan lainnya yang kaya akan kalium semisal bayam, kacang-kacangan, ikan bandeng dan daun kelor.

Kalium sendiri merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dengan kebutuhan asupan kalium harian untuk dewasa sebesar 3.500mg. Manfaat kalium sangat besar peranannya bagi kesehatan tubuh seperti itu juga dengan mineral-mineral lainnya. Namun sangat disayangkan, menurut penelitian oleh ilmuwan dari Universitas Warwick dan Naples mengatakan asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan. Beberapa hal dapat terjadi akibat kekurang asupan kalium dalam tubuh diantaranya adalah tekanan darah menjadi tinggi dan dapat meningkat menjadi stroke.

Dengan mencukupi kebutuhan kalium harian kita maka akan mengurangi dan menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit stroke. Beberapa penelitian menyatakan  bahwa pisang rata-rata mengandung 500mg kalium. Dengan demikian, jika kita mengkonsumsi tiga pisang saja per hari maka asupan kalium kita akan terpenuhi sebesar 1.500mg. Jumlah ini cukup untuk menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima.

Jadi konsumsi makanan yang kaya akan kalium, semisal pisang, sangat dianjurkan agar kita terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi yang merupakan faktor pendorong stroke terbesar.

Demikianlah artikel kesehatan tentang  Manfaat Buah Pisang untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke.


Semoga bermanfaat..


Blog, Updated at: 16.34

0 komentar:

Posting Komentar